Tragedi Tabrakan Kapal Terdahsyat di Dunia

Tragedi besar dialami oleh kapal MV Wilhelm Gustloff. MV Wilhelm Gustloff adalah bekas kapal penumpang komersial Jerman yang lantas dimiliterisasikan saat Perang Dunia II. Kapal itu tadinya dibangun untuk sebuah organisasi di bawah Nazi tahun 1937. Tahun 1939, kapal itu diambil alih oleh AL Jerman dan dijadikan kapal rumah sakit, lalu jadi barak terapung bagi personel militer.
Kecelakaan Kapal laut terdahsyat
Para penumpang bersiap menaiki MV Wilhelm Gustloff
Siapapun tentu tidak ada yang menginginkan bencana atau kecelakaan, tetapi sepertinya alam tidak bisa begitu saja ditebak. Bahkan saat semua persiapan dan antisipasi telah dilakukan dengan rinci dan maksimal. Siapa yang menduga jika kapal paling canggih seperti diklaim para teknisinya berakhir dengan ribuan korban jiwa setelah karam membentur karang es. Akan tetapi insiden Kecelakaan Paling Besar Kapal Laut ini terlalu banyak menelan korban jiwa dalam jumlah yang tidak sedikit sehingga insiden itu tidak serta merta dianggap sebagai kewajaran. Sebaliknya menjadi satu catatan peringatan yang diharapkan tidak terulang. Sedangkan dari segi teknologi kegagalan komponen sekecil apa pun menjadi referensi pengembangan tipe selanjutnya.

 Baca juga --->  Manusia Paling Tinggi dalam Sejarah

Kapal milik Jerman ini diketahui melakukan pelayaran meninggalkan pelabuhan Danzig menuju ke Polandia pada musim dingin 1944-1945 dalam rangka evakuasi dan melarikan diri dari Tentara Merah utara. Sayangnya konflik terkadang tidak memandang muatan armada musuh. Tidak jarang armada yang mengangkut warga sipil pun turut menjadi sasaran tembak. Kapal itu ditenggelamkan oleh tiga tembakan torpedo kapal selam Tentara Merah Uni Soviet di Prusia Timur pada 30 Januari 1945 di Laut Baltik saat tengah mengangkut ribuan warga sipil Jerman, personel militer Jerman dan sejumlah pejabat NAZI yang mengungsi keluar dari wilayah Gdynia, Polandia untuk menghindarkan diri dari serbuan pasukan Uni Soviet. Setelah tertembak di sisi kanan, kapal itu limbung dan tidak mampu menjaga keseimbangan. Akhirnya MV Wilhelm Gustloff tenggelam hanya dalam waktu kurang dari 45 menit dan menjadi Kecelakaan Paling Besar Kapal Laut.

Baca ini --->  Predikat Negara Terluas di Dunia Terbaru

Tidak ada seorang pun yang mengetahui jumlah yang tepat dari orang yang meninggal akibat Kecelakaan Paling Besar Kapal Laut ini. Sebagai kapal pengungsi, wajar jika kapal itu memuat penumpang sampai tiga kali lebih banyak dari kapasitas normal. Apalagi ketika itu kapal memang tidak memiliki daftar penumpang. Namun, diperkirakan ada sebanyak 10.000 orang terjebak di bawah dek kapal. Sekitar 9.400 orang diperkirakan tewas dalam bencana ini. Kejadian ini menyebabkan kerugian terbesar dan membuatnya menjadi kecelakaan maritim tunggal terburuk yang pernah diketahui dalam sejarah maritim tenggelamnya kapal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tragedi Tabrakan Kapal Terdahsyat di Dunia"

Posting Komentar