117 Hal Yang Unik Tentang Ahok

117 Berita Fakta Menarik Tentang Ahok - Ahok merupakan orang yang beberapa tahun terakhir ini selalu menghiasi setiap media di Indonesia. Sebagai seorang pejabat pemerintahan, namanya bisa dibilang lebih eksis dibanding artis manapun. Dia menjadi target pemberitaan utama dan juga selalu jadi topik pembicaraan baik di media cetak, elektronik dan media sosial.

Berbagai kontroversi dan prestasi memang menjadikan Ahok banyak diperbincangkan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Kehadiranya yang dari kaum minoritas menambah bumbu-bumbu pro-kontra terhadap gaya kepemimpinanya yang dianggap arogan, suka menggusur dan banyak bicara. Ada yang mendukung sepakat dan menganggap karakternya itu sesuai dengan keadaan Jakarta saat ini, namun banyak pula yang mengecam, mengancam dan menganggapnya tidak layak jadi seorang pemimpin.
keunikan Ahok
Mimik Ahok ketika sedang santai dan kalem
Terlepas dari itu semua, pada kesempatan ini kita akan review ulang perjalan hidup Ahok termasuk fakta-fakta unik dan kontroversi-kontroversi yang telah dibuatnya. Langsung saja mari kita ulas satu persatu di bawah ini :
  1. Nama asli Ahok adalah Basuki Tjahaja Purnama. Dibaca Basuki Cahaya Purnama menurut kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  2. Ahok punya nama Tionghoa  Zhong Wanxue
  3. Ahok lahir di Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966 saat kekuasaan orde lama akan tumbang sebab gejolak PKI.
  4. Ahok pernah merasakan setahun kepemimpinan Presiden Sokarno di Indonesia.
  5. Ayah Ahok memberi panggilan khusus kepadanya yaitu Banhok (Ban artinya puluhan ribu dan Hok artinya belajar). Ayahnya berkeinginan agar ia tidak berhenti belajar selamanya.
  6. Panggilan Banhok dari ayahnya kemudian lebih sering diucap Bahok dan akhirnya berubah menjadi Ahok.
  7. Ahok merupakan warga negara Indonesia keturunan etnis Tionghoa-Indonesia dari suku Hakka (Kejia).
  8. Kristen Protestan ialah agama Ahok.
  9. Ahok memiliki tiga saudara, yakni Basuri Tjahaja Purnama (dokter PNS), Fifi Lety (praktisi hukum), Harry Basuki (praktisi dan konsultan bidang pariwisata dan perhotelan).
  10. Saudara laki-laki Ahok, Basuri Tjahaja Purnama merupakan Bupati Kabupaten Belitung Timur periode 2010-2015.
  11. Ahok adalah insinyur Geologi lulusan Universitas Trisakti jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral alumni tahun 1990.
  12. Ahok menempuh pendidikan magister di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya dan mendapat gelar Master Manajemen pada tahun 1994.
  13. Tempat kuliah pertama Ahok sebenarnya adalah di Universitas Kristen Indonesia (UKI). Di sana ia mengambil jurusan pendidikan. Tapi gejolak darah muda Ahok mendorongnya untuk kabur kemudian pindah ke teknik geologi Trisakti.
  14. Di Jakarta Ahok bersekolah di SMA PSKD III.
  15. Ahok diasuh oleh seorang wanita Bugis beragama Islam yang bernama Misribu Andi Baso Amier binti Acca selama menempuh pendidikan di Jakarta.
  16. Istri Ahok, Veronica adalah orang Medan, Sumatera Utara.
  17. Ahok mempunyai tiga anak putra-putri bernama Nicholas Sean Purnama, Nathania, dan Daud Albeenner.
  18. Ahok menyatakan bahwa ia tidak punya mobil sama sekali.
  19. Ayah Ahok Indra Tjahaja Purnama merupakan tokoh masyarakat Belitung pembela rakyat miskin.
  20. Indra Tjahaja Purnama masyhur dipanggil dengan nama Kim Nam.
  21. Keluarga Kim Nam termasuk keluarga Tionghoa yang masyhur namanya di pulau Belitung karena terkenal dermawan. Kim Nam bahkan tidang jarang berhutang kepada orang lain demi membantu orang susah.
  22. Kim Nam tidak mendidik Ahok sebagai orang Tionghoa, tapi sebagai anak Indonesia dari Kampung Manggar.
  23. Usaha ayah Ahok sempat down bahkan ibu Ahok sampai pernah bekerja menjual kue di saat Ahok masih kecil.
  24. Kim Nam sesungguhnya berharap Ahok dapat bersekolah kemudian jadi dokter di Belitung sebab di sana banyak orang meninggal karena tidak mendapat akses kesehatan.
  25. Waktu kecil Ahok bersekolah di SD Negeri di desa laskar pelangi.
  26. Teman-teman Ahok semua anak-anak melayu.
  27. Ahok pernah sewaktu SD dilarang jadi penggerek bendera upacara karena warna kulitnya.
  28. Ahok sempat juga tidak diperbolehkan masuk kelas agama Islam meskipun sebenarnya dia sangat ingin sekali.
  29. Ahok merasa iri melihat semua teman-temannya bisa baca Alquran akan tetapi ketika datang ke Taman Pendidikan Al-Qur’an, ia malah disuruh pulang.
  30. Ahok adalah pendiri CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah pada tahun 1989.
  31. Ahok mengawali karir bisnisnya dengan menjadi Direktur PT Nurindra Ekapersada pada 1992.
  32. Pada tahun 1995, Ahok memutuskan berhenti bekerja di PT Simaxindo Primadaya.
  33. Ahok merupakan pendiri pabrik pengolahan pasir kuarsa pertama di Pulau Belitung tepatnya di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur dan memanfaatkan teknologi Amerika dan Jerman.
  34. Pabrik pengolahan pasir kuarsa yang didirikan Ahok menjadi cikal bakal tumbuhnya kawasan industri dan pelabuhan samudra, dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK).
  35. Perusahaan Ahok terpaksa tutup karena terbentur kebijakan korup pejabat.
  36. Ahok pernah berniat ingin meninggalkan Indonesia dan berkarir di luar negeri karena kecewa terhadap pejabat.
  37. Ahok mulai terjun ke politik dengan bergabung pada Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB) sebagai ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur di tahun 2004.
  38. Partai PIB yang menjadi titik awal karir politik Ahok didirikan oleh Alm. Sjahrir.
  39. Pertama kali Ahok menjadi seorang pejabat ialah ketika terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009. Namun baru setahun, ia mengundurkan diri karena ikut mencalonkan diri sebagai bupati dalam Pilkada Belitung Timur.
  40. Ahok dan pasangannya Khairul Effendi, B.Sc. dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) berhasil menang sehingga menempati jabatan Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur untuk periode 2005-2010.
  41. Pasangan Ahok - Khairul justru unggul di Kabupaten Belitung Timur yang sebenarnya adalah lumbung suara Partai Bulan Bintang (PBB).
  42. Pasangan Ahok – Khairul Effendi menang dngan mengantongi suara 37,13 persen. Akhirnya kedua orang ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama.
  43. Ahok menjadi orang pertama dari etnis Tionghoa yang jadi Bupati Kabupaten Belitung Timur.
  44. Awal mula jadi bupati, Ahok kembali dilarang menjadi pembina upacara. Alasanya karena masyarakat nggak mau hormat sama orang China. Tapi Ahok tetap ngotot dengan mengatakan “Dulu, waktu SD dilarang jadi penggerek bendera, sekarang sudah jadi bupati masih tidak boleh juga jadi pembina. Kamu tembak juga saya rela!”
  45. Selama menjadi bupati, Ahok tak pernah menutup kaca mobil saat mengendarainya. Ahok tidak perlu menunggu warganya mengulurkan tangan, tapi Ahok duluan lah yang selalu mengulurkan tangannya.
  46. Menurut seorang Kyai besar di Belitung Timur Ahok biarpun Kristen, orang-orang Belitung pada dinaikin haji. Lebih dari 100 orang dihajikan. Ahok bahkan sering ikut safari ramadhan saat tiba bulan ramadhan.
  47. Ahok tidak pernah bagi-bagi barang ataupun uang dalam setiap kampanyenya.
  48. Oleh orang seagamanya Ahok dituduh tidak pernah memperhatikan pembangunan gereja. Ia justru lebih mudah untuk memberikan sumbangan terhadap masjid.
  49. Ahok lagi-lagi ingin melakukan loncatan sebelum masa baktinya sebagai bupati selesai. Baru setahun menjabat, ia pun mengundurkan diri sebagai bupati Belitung Timur pada 11 Desember 2006 untuk maju dalam Pilgub Bangka Belitung 2007.
  50. Pada tanggal 22 Desember 2006, Ahok resmi mewariskan jabatan bupati kepada wakilnya, Khairul Effendi.
  51. Khairul Effendi entah karena alasan apa pada kemudian hari malah memberikan testimony kekecewaannya kepada Ahok yang meninggalkan janji politik atas Belitung Timur tanpa menyelesaikannya. Testimoni inipun akhirnya jadi masalah.
  52. Ahok didukung penuh oleh mantan Presiden RI Ke-4 K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) bahkan beliau ikut mengkampanyekan Ahok agar terpilih menjadi Gubernur Bangka Belitung pada tahun 2007.
  53. Gus Dur memuji keberhasilan Ahok dalam pelaksanaan program terbaik ketika memimpin Kabupaten Belitung Timur dengan membebaskan biaya kesehatan kepada seluruh warganya.
  54. Ahok gagal menjadi Gubernur Bangka Belitung setelah kalah dari rivalnya, Eko Maulana Ali. Gus Dur pun hanya menjawab: "Kamu akan menjadi gubernur".
  55. Ahok menulis buku biografi berjudul "Merubah Indonesia" pada tahun 2008.

    Ahok aneh
    Ahok dengan tanpa ragu, konsisten mengatakan itu kepada setiap masyarakat Jakarta
  56. April 2009, Ahok dipanggil polisi untuk pemeriksaan kasus proyek dermaga atau Pelabuhan ASDP di Kecamatan Manggar, Belitung Timur yang diduga bermasalah. Namun perkara tersebut ternyata terjadi pada tahun 2007 pasca ia tak lagi menjabat Bupati Belitung Timur.
  57. Ahok pindah haluan ke partai Golkar dan terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Bangka Belitung. Ia sukses meraup 119.232 suara dan duduk di Komisi II DPR RI.
  58. Saat jadi anggota DPR RI Ahok telah menyuarakan pentingnya laporan kekayaan dan pembuktian terbalik bagi calon kepala daerah yang akan mengikuti proses pilkada.
  59. Ahok sesungguhnya telah memiliki niat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak tahun 2011 melalui jalur independen.
  60. Ahok sempat berusaha mengumpulkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) masyarakat Jakarta agar bisa memenuhi persyaratan maju menjadi calon independen. Namun pada awal tahun 2012, ia mengaku pesimistis akan memenuhi syarat dukungan dan berpikir untuk menggunakan jalur partai politik saja.
  61. Pada tahun 2011, Ahok secara kontroversi menyuarakan laporan dan keluhan masyarakat Bangka Belitung yang ditemuinya secara pribadi dalam masa reses. Laporan ini mengenai bahaya pencemaran lingkungan yang ditimbulkan kapal hisap dalam eksploitasi timah. Basuki dianggap menghina pengusaha dari Belitung dan dilaporkan ke Badan Kehormatan DPR oleh Front Pemuda Bangka Belitung (FPB). Ia menyayangkan aksi pelaporan ini karena tidak substansial dengan masalah yang ia bicarakan, yaitu pencemaran lingkungan.
  62. Ahok mengundurkan diri dari keanggotaan DPR RI pada 2012 dan meloncat lagi dengan mendaftarkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pemilukada 2012.
  63. Ahok juga keluar dari partai Golkar dan pindah ke partai Gerindra.
  64. Ahok mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo (mantan walikota Solo) dalam Pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.
  65. Pasangan Jokowi dan Ahok  diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
  66. Jokowi-Ahok mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli dengan mendapatkan  1.847.157 (42,60%) suara pada putaran pertama, dan 2.472.130 (53,82%) suara pada putaran kedua.
  67. Ahok yang terkenal suka loncat partai dan jabatan gantian diloncati Jokowi. Jokowi meninggalkan kursi gubernur DKI untuk maju dalam Pilpres 2014.
  68. Walaupun Ahok sebelumnya adalah wakil Gubernur dari Jokowi, namun ia justru mendukung Prabowo Subianto yang merupakan calon presiden lawan dari Jokowi. Sebab Prabowo Subianto adalah ketua umum partai Gerindra yang sebelumnya adalah kendaraan politik Ahok saat maju menjadi wakil Gubernur DKI Jakarta.
  69. Ahok sempat dijanjikan akan dijadikan Menteri Dalam Negeri Indonesia agar dapat melakukan reformasi anggaran di semua pemerintah daerah di seluruh Indonesia, jika Prabowo berhasil menduduki kursi Presiden RI.
  70. 14 November 2014, Ahok diumumkan secara resmi jadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo, melalui rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD DKI Jakarta.
  71. Ahok menjadi Pelaksana tugas Gubernur sejak 1 Juni 2014 sampai akhirnya resmi dilantik menjadi  Gubernur DKI Jakarta sejak 19 November 2014.
  72. Baru menjadi Plt Gubernur saja Ahok telah berani mewajibkan Gerakan Pungut Sampah Setiap Jumat Pagi kepada 72.000 PNS Pemprov DKI Jakarta, para  pegawai BUMD, dan anak-anak sekolah di Jakarta.
  73. Ahok mengatur ulang pemberian uang kerahiman bagi penyerobot lahan negara dengan besaran hanya memberikan 25% saja dari NJOP bagi warga yang telah lama tinggal.
  74. Ahok tanpa dukungan partai apapun (independen) saat menjabat Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta bahkan hingga setelah dilantik sebagai Gubernur.
  75. Ahok pada 10 September 2014 putus kemudian keluar dari Gerindra. Ahok berseberang pendapat dengan partai Gerindra yang mendukung RUU Pilkada. Padahal bagi Ahok RUU Pilkada akan membunuh demokrasi di Indonesia.
  76. Ahok jadi orang protestan pertama yang mampu menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta.
  77. Ahok dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.
  78. Sebelum dilantik jadi gubernur, Ahok sempat mendapat berbagai tentangan keras dari sebagian anggota DPRD DKI Jakarta yang tergabung dalam koalisi merah putih.
  79. Front Pembela Islam (FPI) juga menolak Ahok jadi gubernur sebab menurut mereka seluruh umat Islam Jakarta menolaknya menjadi pemimpin Jakarta. Ahok dianggap tidak bermoral, kasar dan arogan. Dan yang paling utama karena Ahok bukanlah seorang muslim. Bahkan penolakan FPI terhadap Ahok masih berlangsung sampai sekarang.
  80. Ahok mengirimkan surat rekomendasi pembubaran FPI kepada Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Dalam Negeri RI karena terjadinya bentrokan anarkis dalam unjuk rasa 3 Oktober 2014.
  81. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhamad Taufik mengomentari kerusuhan unjuk rasa FPI: justru Ahok yang salah karena ia yang menjadi penyebab utama kekesalan FPI.
  82. Beberapa anggota DPRD DKI Jakarta dari Koalisi Merah Putih, yakni Muhamad Taufik (Gerindra), Lulung Lunggana (PPP), Nasrullah (PKS), dan Maman Firmansyah (PPP) berorasi meneriakkan seruan untuk melengserkan Ahok. Mereka bersama-sama FPI turun ke jalan walaupun beberapa hari sebelumnya FPI telah melakukan unjuk rasa yang berakhir rusuh.
  83. Ahok mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari unsur penyelenggara negara dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan, yang terdiri dari Masyarakat Transparansi Indonesia, KADIN dan Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara, pada tanggal 1 Februari 2007.
  84. Ahok pernah juga terpilih menjadi salah seorang dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia versi koran Tempo.
  85. Ahok mendapat penghargaan anti korupsi dari Bung Hatta Anti Corruption Award, yang diterimanya pada tanggal 16 Oktober 2013 karena usahanya membuka laporan mata anggaran DKI Jakarta untuk pengkajian ulang.
  86. Ahok mendapat gelar Tokoh Kontroversial dari Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2013.
  87. Ahok pernah bersitegang dengan BPK DKI Jakarta karena melaporkan Ahok korupsi lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Akan tetapi seluruh komisioner KPK menyepakati bahwa kasus lahan sumber waras belum cukup bukti untuk mempidanakan Ahok.
  88. Ahok menertibkan area Kalijodo dengan alasan melanggar jalur hijau. Kalijodo sendiri adalah area yang terkenal sebagai tempat prostitusi, penjualan alkohol, hiburan malam, dan perjudian.
  89. Menjelang hari raya Idul Adha 1435 H, muncul isu bahwa Ahok melarang penyembelihan dan penjualan hewan kurban. Ahok membantah dan meluruskan bahwa pemerintah DKI Jakarta tidak melarang kurban, tetapi melarang penjualannya di jalur hijau karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.
  90. Ahok mengeluarkan intruksi tentang pelarangan menyembelih hewan kurban di sekolah. Intruksi ini ditentang keras oleh banyak organisasi massa Islam seperti FPI, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama serta Majelis Ulama Indonesia dengan alasan kurban dapat menjadi bahan pelajaran untuk anak-anak. Ahok kemudian memberikan keterangan tambahan bahwa intruksi tersebut hanya untuk Sekolah Dasar, sedangkan SMP dan SMA dipersilakan. Ahok beralasan instruksi tersebut dikeluarkan sebab terdapat masukan dari beberapa Kepala Sekolah Dasar yang khawatir kurban dapat mengganggu psikologis siswa.
  91. Terkait isu tersebut Habib Rizieq mengatakan: Ahok goblok?
  92. Ahok terlibat sengketa dengan DPRD DKI Jakarta berkaitan dengan penetapan APBD tahun 2015. Akibatnya APBD DKI 2015 gagal disahkan meskipun mediasi telah dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri, sehingga DKI Jakarta harus berbalik menggunakan pagu APBD 2014.
  93. Pada tahun 2016, Sekelompok pemuda yang mengatas namakan Teman Ahok berkumpul untuk mendukung Ahok maju Pilgub DKI 2017 lewat jalur independen. Mereka berhasil mengumpulkan hingga sampai mencapai 1 juta KTP sebagai syarat agar Ahok bisa maju sebagai calon independen.
  94. Pada 27 Juli 2016, Ahok mengeluarkan keputusan untuk memilih maju lewat jalur parpol yang terdiri dari Nasdem, Hanura dan Golkar. Keputusan tersebut memunculkan rasa kecewa dari pihak yang menginginkan Ahok memilih jalur independen sehingga memunculkan tagar #BalikinKTPGue di Twitter yang menjadi Trending Topic.
  95. Ahok dianggap melecehkan Al-Quran Surat Al-Maidah 51. Ia dikecam oleh berbagai pihak seperti MUI, Felix Siauw, Din Syamsudin dan berbagai elemen masyarakat Islam Indonesia. Ahok akhirnya meminta maaf secara umum kepada seluruh masyarakat muslim terkait perkataan kontroversinya.
  96. Iwan Fals mengomentari kontroversi Ahok itu dengan menulis twett “Gara-gara Ahok kita ingat Al-Qur’an”. Tulisanya itu akhirnya banyak dikomentari negatif oleh para netter.
  97. Sebelum pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2012, Ahok pernah diberi saran oleh seorang politisi senior Sabam Sirait “Ngapaian kamu ke politik, urus bisnis saja!”. Ternyata saran itu cuma untuk ngetes seberapa besar keseriusan Ahok dan sejauh mana keinginanya masuk politik.
  98. Gus Mus (Mustofa Bishri) menyebut Ahok orang punya etiket jelek sekali karena mulutnya seenaknya sendiri. Tapi Ahok punya etika karena mau memberantas korupsi. Perlu difahami bahwa etiket adalah tata cara (adat sopan santun) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antar sesama manusia. Sedangkan etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
  99. Ustadz Ahmad al Habsyi: Ahok itu sombong, seperti iblis. Makanya wajib dilawan.
  100. Ade Armando (pengamat komunikasi dan pengurus yayasan Paramedina) menulis: Kalau Ahok seperti Iblis, Ustad Ahmad al Habsyi iblis beneran.
  101. Tokoh Tionghoa Lieus Sungkharisma mengatakan Ahok penadah barang hasil kejahatan.
  102. Karena arogansi Ahok, seluruh warga negara Indonesia keturunan Tionghoa berpotensi diusir dari bumi Indonesia. Kata Lieuus Sungkharisma.
  103. Saran BJ Habibie untuk Ahok: Tetap tersenyum meski orang salah paham!
  104. Walikota Surabaya pernah bersitegang kepada Ahok yang mengatakan luas wilayah Surabaya hanya seluas Jakarta Selatan. Tapi ternyata itu pun cuma salah paham. Kemudia mereka pun baikan lagi.
  105. Habiburokhman (politikus Gerindra) berani terjun dari Monas jika Teman Ahok bisa mengumpulkan satu juta KTP untuk Ahok. Namun ketika Teman Ahok benar-benar berhasil, Habuburokhman ngeles. Ahok tidak menagih janji Habiburokhman itu dan justru mengajarinya tips berkilah.
  106. Ahok mengusulkan uji materi undang-undang supaya calon gubernur dan wagub incumbent tidak wajib cuti selama masa kampanye. Padahal pada 2012 Ahok adalah orang terdepan yang mengharuskan Gubernur saat itu Fauzi Bowo untuk melakukan cuti selama masa kampanye.
  107. Wakil Ketua ACTA Tim Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA) Dahlan salah menyebut nama Ahok menjadi Basuki Cahyadi Purnama dalam sidang MK terkait cuti kampanye. Hal itupun sempat ditertawakan oleh pengunjung yang berada dalam sidang.
  108. Wakil Gunernur DKI mengatakan Ahok – Djarot lebih senang berburu tikus nyata dan tikus berdasi daripada nangkap pokemon.
  109. Ahok pernah menyatakan pernyataan kontroversial bahwa dalam partai politik tidak ada yang gratis. Kalau mau nyalon kepala daerah selalu ada uang setoran ke partai politik.
  110. Menurut anggota Komisi II DPR Yandri Susanto dari PAN melawan Ahok adalah tugas yang mulia.
  111. Menurut pengurus Majelis Dzikrul Ghofilin Jakrta Mereka yang menolak Ahok, enggak ngaji.
  112. Ahok berharap anak-anak dan remaja Jakarta bisa hapal Al-Quran minilmal juz 30 di usia 12 tahun.
  113. Ahok pernah berjanji akan umrahkan 30 orang marbot masji di Jakarta.
  114. Petuah ayah Ahok “Orang miskin jangan lawan orang kaya, orang kaya jangan lawan pejabat.” Sebesar apapun orang kaya mampu menolong orang miskin, namun seorang pejabat lah yang dapat membantu mereka secara hakiki melalui kebijakannya.


  115. Orang-orang atau organisasi yang pernah berseteru dengan Ahok :
  • Khaerul Efendi (wakil Ahok saat menjabat Bupati Belitung Timur)
  • Tri Risma Maharini (Walikota Surabaya)
  • Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait perkataan Ahok yang merasa bisa lebih baik daripada Tjahjo untuk jadi Mendagri. Selain itu Tjahjo juga geram dengan usulan Ahok mengenai pembubaran IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang katanya ada permainan pos anggaran.
  • Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan fauzi terkait perminttan Ahok untuk mempertimbangkan kembali Susan Jasmine Zulkifli sebagai lurah Lenteng Agung.Politikus Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam semua kasus selalu saling perang komentar negatif terhadap Ahok. Akar masalahnya sebenarnya karena Ahok membelot dari partai Gerindra.
  • Mantan Menko Maritim Rizal Ramli berkaitan dengan penghentian proyek reklamasi teluk Jakarta.
  • Ketua BPK Harry Azhar terkait audit lahan RS Sumber Waras.
  • Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah yang kata Ahok secara diam-diam telah menggalang dukungan politik untuk maju Pilgub DKI 2017.
  • Rustam Effendi (mantan Walikota Jakarta Utara) yang dinilai bekerja lambat oleh Ahok.
  • Haji Lulung Lunggana (Wakil Ketua DPR DKI dan politikus PPP) terkait anggaran tidak wajar pengadaan UPS pada beberapa sekolah di Jakarta. Sampai-sampai Lulung menyebut Ahok Psikopat.
  • Ahmad Dhani (artis, penyanyi dan pemilik manajemen Republik Cinta).
  • Partai Koalisi Merah Putih (KMP) - Gerindra, PKS, PAN, dan lain-lain.
  • Habib Rizieq (pemimpin FPI).
  • Amien Rais (pembina partai PAN).
  • Dan lain sebagainya.
116. Beberapa pernyataan kontroversial Ahok:
  • Operasi pasar di bulan Ramadhan hanya diborong orang yang punya modal kemudian dijual lagi di toko.
  • DPRD membentuk panitia Khusus pembangunan MRT dan monorel Cuma agar dapat honor.
  • Penjarakan PKL Tanah Abang yang tetap bandel berjualan di pinggir jalan dan tidak mau dipindahkan ke tempat yang telah disediakan oleh Pemprov DKI.
  • Jika gubernur Jakarta harus orang Betawi, maka presiden Indonesia pun seharusnya demikian.
  • Ingin cepat benahi Jakarta?, hanya bisa dengan cara yang ekstrem. Bakar setengah kota!
  • Pekan Raya Jakarta/Jakarta Fair/Jakarta International Expo hanya dikuasai satu keluarga konglomerat Hartati Murdaya.
  • DPRD tidak perlu studi banding ke luar negeri, lihat Youtube saja.
  • DPRD mau memakzulkan Jokowi? Hak tanya saja dibilang pemakzulan. Belagu sekali.
  • Yang jual beli lahan pemerintah termasuk bajingan.
  • Lurah Warakas marah karena “3 Rusun”-nya di Marunda dicabut. (sindiran kepada Lurah Warakas yang 3 rumahnnya yang berada di Marunda dicabut Ahok).
  • Dan lain sebagainya.
117. Tokoh-tokoh yang berkawan paham dengan Ahok :
  • Presiden Joko Widodo
  • Megawati Soekarno Putri
  • Ruhut Sitompul (Kader Demokrat)
  • Nusron Wahid (ketua umum GP Ansor dan mantan Kader Golkar)
  • Iwan Fals (penyanyi)
  • Dan lain sebagainya.
fakta hidup ahok menarik
Joko Widodo dan ahok terlihat kompak
Lihat juga ---> Indonesia Punya Suku Tertua di Dunia

Demikian rangkuman perjalanan hidup Ahok yang dipersingkat berdasarkan tulisan-tulisan yang ada di media. Berkaitan dengan benar atau tidaknya seluruh atau sebagaian informasi yang tertulis di sini, kita tidak bisa menjamin semuanya benar sesuai kenyataan. Informasi ini pada dasarnya dibuat bukan untuk membenarkan, apalagi mengkampanyekan sepak terjang Ahok.

Tulisan ini hanyalah bersifat mengulas apa yang telah ada di media. Mengenai isu misi Ahok sebenarnya yang katanya adalah proyek Kristenisasi Jakarta, isu Ahok di-backing dari luar negeri atau pun isu lainya memang belum bisa kita pastikan kemudian dituliskan di sini. Sementara kasus penistaan agama sedang bergulir di Kepolisian dan belum ada hasil sehingga belum jadi fakta. Yang pasti telah banyak rakyat Indonesia yang menghabiskan energinya hanya untuk memikirkan Ahok. Saya anggap dia hebat, satu orang bisa buat geger hampir seluruh lapisan masyarakat. Namun kita bukanlah pelaku, kita bukan Ahok. Oleh karenanya, apapun misi Ahok yang tidak tampak secara lahir kita tidak mungkin dapat memastikanya. Dan kita bebas menilainya selama menggunakan ilmu. Yang baik patut kita jadikan contoh sedangkan yang buruk tinggalkanlah dan cukup jadikan intropeksi diri demi kemajuan dan kebaikan yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "117 Hal Yang Unik Tentang Ahok"

Posting Komentar