Pesantren Paling Unik di Indonesia

Jika kita mendengar kata-kata pondok pesantren, yang ada dalam bayangan benak kita pasti tidak akan jauh dari yang namanya santri, kyai dan mengaji. Memang benar, pesantren merupakan tempat menimba ilmu agama. Bagi santri, pesantren merupakan surga dunia meskipun terkadang ada yang mengaggapnya bagai penjara. Rutinitas kegiatan sehari-hari yang sebagaian besar hanya diisi dengan mengaji, bisa dibilang memang sangat menbosankan. Demikian asumsi seseorang yang beranggapan bahwa pesantren bagaikan penjara. Namun bertolak belakangan dengan asumsi itu, bagi kebanyakan santri, selain sebagai lembaga pendidikan, pesantren juga merupakan gambaran keluarga idaman. Bagaimana tidak, manusia dari pelbagai penjuru tempat dikumpulkan dalam satu rumah yang mana di situ perbedaan status ditiadakan. Mereka selalu berinteraksi satu sama lain setiap saat mulai dari mata terbuka sampai mata terpejam. Dari situ akhirnya terbangunlah rasa kekeluargaan yang (penulis menyebutnya) lebih kuat daripada dengan keluarga asli (sebab keturunan/kekerabatan). Anggapan itu kiranya tidak berlebihan, bayangkan saja di pesantren mereka bersama selama 24 jam penuh. Sedangkan di luar pesantren, dengan orang tuanya pun, seseorang anak tentu tidak akan mungkin bisa berkumpul setiap saat, sebab adakalanya orang tua harus bekerja dan adakalanya juga anak harus sekolah ataupun pergi bermain. Penulis sendiri lebih menyetujui asumsi yang terakhir sebab pengalaman pribadi telah membuktikan akan hal itu meskipun pada awalnya penulis juga sependapat dengan asumsi yang pertama.

Baca juga ---> Ulama Penjaga Indonesia Saat Ini

Sesuai pengalaman penulis, bagi santri pemula pesantren memanglah bagaikan penjara, namun seiring waktu setelah mampu beradaptasi, penulis berbalik dan menganggap pesantren bagaikan surga sehingga sampai sekarang pun (Alhamdulillah) penulis merasa masih butuh dan betah di pesantren. Walaupun pesantren yang sekarang bukan pesantren pertama buat penulis, akan tetapi secara pribadi penulis begitu kagum akan pesantren ini, bahkan penulis mengaggapnya sebagai Pondok Pesantren Paling Menarik di Indonesia.
pesantren salaf
Logo Pondok Pesantren Miftahun Najah Tahunan Jepara
Tanpa bermaksud menyombongkan ataupun mengagung-agungkan pesantren ini, penulis menganggapnya Pondok Pesantren Paling Menarik di Indonesia dengan alasan adanya beberapa keunggulan yang mungkin hanya dapat ditemukan di sini, diantaranya :

Bacaan lain ---》 Lidah Paling Panjang di Dunia

1.     Pesantren + Sekolah + Kuliah + Kerja.
Selain diberi wawasan ilmu agama, para santri di Pondok Psantren Paling Menarik di Indonesia juga direkomendasikan untuk belajar di sekolah formal ataupun kuliah. Walupun sekolah dan kampus yang ada tidak satu yayasan dengan pesantren, namun kesemuanya itu terletak pada satu lokal. Artinya, tak perlu jauh keluar untuk pergi sekolah ataupun kuliah. Selain itu para santri juga dididik untuk berwirausaha. Banyak tempat di sekeliling pesantren yang menyediakan lapangan pekerjaan, mulai menjaga toko, mengukir, permebelan dan lain sebagainya. Sehingga para santri sebagian besar telah mampu mandiri, sampai-sampai ada juga yang mampu kuliah tanpa dibiayai orang tua sedikitpun. Dengan semua hal itu, para santri diharapkan mampu dalam ilmu agama untuk urusan akhirat, ilmu pengetahuan untuk urusan dunia, dan mandiri demi kebahagiaan hidup.

2.     Free Hotspot Area
Meskipun jaringan wifi yang ada bukan asli layanan fasilitas yang disediakan pesantren, akan tetapi wifi milik kampus yang jumlahnya sekitar belasan kiranya sudah cukup cepat untuk digunakan browsing di Pondok Pesantren Paling Menarik di Indonesia ini. Banyak para santri yang juga kuliah melakukan browsing cukup dari dalam kamar saja.

3.     Kebun Binatang Pesantren
Pesantren ini (tidak sengaja) telah terlengkapi dengan hampir mirip kebun binatang. Seolah-olah seperti tempat wisata, dalam Pondok Pesantren Paling Menarik di Indonesia ini ada banyak hewan-hewan yang bisa diajak bermain sebagai obat penghilang lelah, susah, payah, resah, gelisah. Adapun beberapa hewan yang dapat ditemukan di pesantren Paling Unik di Seluruh Dunia ini, diantaranya jangkrink, bermacam-macam jenis burung, ayam, kelinci, monyet (dulu), semut, merpati, dan masih banyak lainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesantren Paling Unik di Indonesia"

Posting Komentar