Fakta Ditemukannya Bunglon Paling Kecil di Dunia

Bunglon Brookesia
Bunglon Unik Paling Kecil di Dunia
Bunglon Unik Paling Kecil di Dunia - Hewan yang satu ini berbeda dari bunglon pada umumnya yang sering kita lihat di Indonesia. Mahluk mini genus Brookesia yang tertangkap kamera di Madagaskar memiliki panjang satu inci, tak lebih dari seukuran kuku manusia dan hanya sepanjang pentol korek saja. Bunglon mungil itu diambil di Amber Mountain Park Madagaskar, oleh fotografer satwa liar asal Inggris, Will Burrard-Lucas. Peristiwa langka itu terjadi ketika Will Burrard-Lucas dan saudaranya, Matt, baru saja duduk untuk makan siang. Kebetulan saat itu Matt makan tanpa menggunakan sendok karena ingin mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW. Tanpa disangka, ketika Matt hendak memasukan makananya ke dalam mulut, ia melihat seekor Bunglon Unik yang sangat langka sedang memakan makanan Matt yang sudah tergenggam di tangan, hendak dimasukan ke dalam mulut. Akhirnya Matt menyuruh saudaranya yang kebetulan berada didepanya untuk mengabadikan peristiwa langka itu.

“Ini sangat menakjubkan untuk melihat hewan itu, karena sangat kecil dan sulit menemukannya jika dicari sendiri. Namun, kami beruntung bisa tidak dengan sengaja mendapati Bunglon Unik Paling Kecil di Dunia ini,” kata Will, 27 tahun, asal London, Inggris.

Madagaskar memang terkenal sebagai surga bagi makhluk mini karena pulau itu memang memiliki ekosistem yang unik. Meskipun berada di kawasan yang luas, tempat tersebut hanya mampu menyediakan ekosistem kecil sehinga sulit bagi spesies besar dan predator raksasa untuk menjangkaunya.

Cari tahu --->  Indonesia adalah Suku Tertua di Dunia

Bunglon Brookesia mungkin tidak sebanyak saudara mereka yang lebih besar dimana mampu berubah warna sesukanya. Namun, makhluk kecil itu tetap terampil dalam seni kamuflase. Binatang yang ditemukan hidup liar di atara daun dan rumput kawasan hutan hujan, bunglon ini mampu menipu para predator dengan menyamarkan diri sebagai daun kering.

Hebatnya, lidah mereka lebih panjang daripada seluruh tubuh. Ini memungkinkan mereka memakan berbagai serangga kecil dari jangkrik kecil hingga ngengat atau malah laba-laba dan belalang. Sayangnya, bunglon tersebut dalam posisi terancam karena banyak penangkapan ilegal untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan atau habitat yang hilang.

Baca juga --->  Inovasi Unik dalam Sosialisasi Pemilu

Ahli antropologi dan paleontologi selalu tertarik dengan hewan yang berada di Madagaskar. Tempat tersebut memiliki banyak spesies hewan yang unik di bandingkan kawasan lain, kecuali Australia yang 13 kali lebih besar. Populasi pulau itu termasuk 70 jenis lemur dan 90% jenis mamalia, amfibi dan reptil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Ditemukannya Bunglon Paling Kecil di Dunia"

Posting Komentar