Rekor Baru Eskalator Terpanjang di Dunia

Eskalator 600 Meter Paling Panjang Dibangun China - China telah membuka resmi eskalator terpanjang di dunia yang diperuntukan bagi pengunjung pelancong wisata yang datang untuk menikmati keindahan alam Kota Enshi, Provinsi Hubei, Cina Tengah. Inovasi terbaru ini menjadi prestasi lagi yang menunjukan mereka telah siap bersaing dan disandingkan dengan negara adidaya penguasa teknologi semacam Amerika, Rusia ataupun Jepang.

Pembangunan eskalator Enshi Grand canyon menelan biaya mencapai 4.300.000 Poundsterling (Rp. 68.6 milyar). Dengan biaya sebesar itu, pemerintah China berharap dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan baik lokal maupun internasional supaya berkunjung ke daerah wisata alam Enshi Grand Canyon sehingga keberadaanya menjadi semakin dikenal dunia.


Sebagai fasilitas penunjang area wisata, eskalator yang dibangun dengan panjang total mencapai 688 meter itu dioperasikan bagi setiap pengunjung dengan biaya yang relatif murah hanya senilai 2,44 poundsterling atau Rp. 39.000 dalam mata uang rupiah.

Desain pembangunan eskalator wisata alam Enshi Grand Canyon diciptakan oleh Design Institute Central-South Arsitektur. Xiong Yan sebagai arsitek yang paling bertanggung jawab dalam proyek besar tesebut mengatakan bahwa bahan dasar utama eskalator Enshi Grand Canyon menggunakan beton dan kayu yang dihiasi dengan tanaman merambat yang menempel sehingga menunjukan kesan natural dan menyatu dengan alam sekitar. Bahkan  termasuk struktur genteng penutup atap juga dipilih khusus dengan konsep yang lebih dapat melindungi ekologi yang berada di sekitar wilayah Enshi Grand Canyon.


rekor eskalator terpanjang dunia
Eskalator terpanjang di dunia tampak mengular di bukit Enshi - China

Berdasarkan perhitungan yang telah direncanakan eskalator Enshi Grand Canyon dapat mengangkut 7.300 wisatawan sekaligus pada setiap jam. Target harapanya dengan eskalator ini dapat menarik 600.00 pengunjung setiap tahunya. Sang arsitek menyebut jika dengan eskalator ini akan membuat jarak tempuh wisatawan menuju puncak Enshi Grand Canyon jadi semakin singkat yaitu sekitar 18 menit.

Keberadaan eskalator yang dibangun sejak tahun 2011 telah selesai pembangunanya dan resmi dibuka pada awal Oktober 2016. Dengan panjang yang hampir mencapai 700 meter, eskalator Enshi Grand Canyon menorehkan rekor baru sebagai eskalator terpanjang di dunia yang sebelumnya masih dipegang eskalator Kota Bogota, Kolombia yang mencapai panjang 384 meter.
 


Bagaimana di negara kita Indonesia tercinta? Adakah eskalator yang sepanjang itu? Jawabanya tentu belum ada, tapi kalau Gedung Tertinggi di Indonesia Saat Ini tentu sudah ada. Kita tentu telah ketahui bersama bahwa eskalator di Indonesia kebanyakan dibangun di dalam ruangan seperti mall perbelanjaan dan kantor-kantor pesrusahaan. Itupun hampir semuanya dirancang naik vertikal yang gunanya untuk memudahkan perpindahan manusia dari satu lantai ke lantai lainya yang bertingkat. Berbeda dengan yang ada di Enshi Grand Canyon yang dibuat di luar ruangan dan menyatu dengan alam yang fungsinya lebih difokuskan untuk pengembangan fasilitas destinasi wisata supaya orang-orang jadi lebih tertarik datang kemudia merasa betah dan puas. Nah, akhir kata mari kita nantikan saja adopsi eskalator ruangan yang entah kapan akan dibangun di tempat-tempat pariwisata Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekor Baru Eskalator Terpanjang di Dunia"

Posting Komentar