Perbandingan HDD dan SSD Terlengkap

Sebuah perangkat komputer PC dekstop, laptop atau notebook selalu terdiri dari dari dua komponen penyusunya yakni hardware dan juga software. Pengertian dan penjelasan kedua komponen tersebut sudah banyak tersedia di situs website lain tinggal kalian searching google saja pasti akan tampil banyak sekali postingan yang berhubungan dengan keyword “Hardware dan software”. Bahkan se-dari SMP juga saya masih ingat bener pernah diajarkan tentang bagian-bagian apa saja yang termasuk dalam perangkat hardware dan mana saja yang termasuk software.

Pada kali ini saya akan bahas mengenai Perbandingan Hardisk Komputer dan SSD Laptop . Dari namanya saja kita bisa dengan jelas mengetahui kalau ia termasuk ke dalam perangkat hardware suatu komputer. HDD yang merupakan singkatan dari hard drive disk adalah komponen wajib yang harus ada dalam setiap komputer.

Hardisk memiliki fungsi utama sebagai media standar penyimpanan file, baik yang berupa teks, gambar dan suara atau video. Namun perkembangan kecanggihan teknologi zaman sekarang, tidak lagi memaksa HDD untuk selalu wajib ada pada komputer, sebab ia telah dikembangkan menjadi sebuah chip memori flash yang disebut SSD. Saat ini, SSD menjadi pilihan utama dibanding HDD mengingat ukuranya yang kecil simpel sehingga sesuai jika dipasang pada perangkat laptop dan notebook yang akhir-akhir ini bodinya semakin dibuat sangat slim. Hem,,, manusia sekarang memang sukanya yang simpel dan gak ribet, sampai-sampai untuk mendaki bukit pun baru-baru ini di China telah menggunakan eskalator, maka jadilah ia Eskalator Terpanjang di Dunia.


 
HDD (Hard Drive Disk)dan SSD (Solid State Drive) pada dasarnya berfungsi sama yakni sebagai media penyimpanan. Hanya saja cara kerja dari keduanya sangatlah berbeda. HDD bekerja dengan menyimpan semua data pada lapisan-lapisan magnetik, sedangkan SSD menyimpan data pada chip flash memory yang terhubung satu sama lain seperti cara kerja flash disk. Akan tetapi flash memory SSD jauh lebih unggul dalam tipe dan kecepatan. Chip flash memoriy SSD menyimpan data dengan kecepatan tinggi dibandingkan flashdisk. Untuk itu, harga satu buah SSD pun juga lebih mahal daripada sebuah flash disk meskipun dalam ukuran kapasitas penyimpanan yang sama.

perbedaan hdd ssd
Bentuk satu buah SSD terlihat sangat kecil (ditunjuk pensil)

Ada beberapa perbedaan teknologi media penyimpanan HDD yang lama dengan teknologi penyimpanan terbaru yang menggunakan SSD, diantaranya adalah sebagai berikut:

Komponen dan Prinsip Kerja

HDD (Hard disk Drive) tersusun dari komponen mekanik dan elektronik. Bagian mekaniknya terdiri atas motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan pemutaran piringan oleh motor dan dua ujung lengan menempel pada piringin di satu sisi dan pada komponen elektronik pengolah baca dan tulis di sisi yang lain. Jadi intinya pengolahan data pada HDD terjadi karena menyinergikan aktivitas komponen mekanik dan elektrik. Sedangkan SSD (Solid State Drive) tidak memiliki komponen mekanik sehingga proses pembacaan dan penulisan data hanya dilakukan oleh komponen elektrik sama seperti flash disk dan memori RAM.
 

Kecepatan Baca dan Tulis Data

SSD memiliki kemampaun tingkat baca tulis 8 kali lebih cepat dibandingkan HDD yang tergantung dan terbatas pada perputaran piringan. Buktinya dapat kalian riset sendiri perbandingan lama waktu proses booting pada laptop yang terpasang SSD akan jauh lebih cepat dibandingkan komputer biasa yang bermedia penyimpanan HDD.

Berat dan Ukuran

HDD terbentuk dari platter, head, dan cara kerjanya bergantung pada putaran piringan sehingga ukuranya tidak bisa disusutkan, sedangkan SSD terlepas dari batasan tersebut. Maka ukuranya pun hanya sebatas 2,5 inci. Oleh karena itu SSD sangat berkembang pesat untuk mengganti HDD pada laptop atau tablet yang semakin modern desainnya juga semakin slim.

Perbandingan Harga

Biasanya semakin lebih besar bentuk suatu benda maka harganya pun akan semakin mahal. Namun itu tidak berlaku untuk kasus kali ini. Sebab harga 1 Giga Byte SSD jauh lebih mahal 9 kali lipat dibandingkan HDD. Seperti emas dan perak ya, sama-sama satu kilogram, sama-sama buat perhiasan, tapi harganya beda. Hehehe

Fragmentasi (Penurunan Kinerja)

Fragmentasi adalah turunnya kinerja HDD ketika ruang penyimpanan mulai terisi penuh. HDD yang mulai penuh akan membuat file-file yang telah tersimpan dapat terpencar. Ini akibat dari ruang penyimpanan yang berbentuk piringan spiral. Sedangkan SSD tidak jarang mengalami fragmentasi karena data tersimpan pada chip flash.

Efek Samping

Unsur mekanik (perputaran piringan) pada HDD menjadikan komputer cepat panas, Konsumsi daya listrik yang tinggi dan memunculkan suara noise berdengung keras. Sedangkan jika dengan SSD efek yang ditimbulkan tidak separah itu.

Media penyimpanan SSD merupakan bukti nyata bagaimana teknologi selalu berekembang terus-menerus untuk semakin mempermudah hidup manusia. Sebagai contoh kalau kalian membaca Kota Paling Berteknologi Sekarang Ini, kalian mungkin akan bisa menyimpulkan demikianlah manusia sebagai khalifah di bumi, hampir dapat menundukkan sesuatu, kecuali Tuhan.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan HDD dan SSD Terlengkap"

Posting Komentar